skip to Main Content

6 Tanda Anda Super Cerdas

0 Shares

Bukan rahasia lagi bahwa semua orang berharap memiliki inteligensi tinggi. Nilai tinggi dalam akademik seakan-akan menjadi indikator kecerdasan seseorang. Kegemaran membaca buku, menyelesaikan soal matematika dengan cepat dan mudah, atau menggunakan kacamata tebal membuat seseorang terlihat pintar. Namun di balik nilai tinggi yang diperoleh di sekolah dan penampilan kutu buku, ada tanda-tanda lain yang mungkin menjadi indikator kecerdasan seseorang. Berikut ini adalah tanda-tanda seseorang memiliki IQ tinggi yang dilansir dari Tempt. Apakah Anda termasuk salah satunya? 

Bukan hanya pandai dengan membaca buku

Orang-orang cerdas sadar bahwa ada hal-hal yang tidak dapat dipelajari di sekolah atau hanya dengan membaca buku saja. Nilai tinggi yang diperoleh memang merupakan salah satu indikator kecerdasan seseorang, namun ada cara lain yang tidak memerlukan ujian, guru dan pekerjaan rumah. Kebanyakan kecerdasan seseorang awalnya didapatkan dari pembelajaran dan pengalaman di dunia nyata. Menunjukan logika, memori kerja, penalaran abstrak dan keinginan untuk belajar adalah cara untuk menjadi cerdas di luar sekolah. Orang cerdas adalah orang yang selalu siap menghadapi dunia dan mengatasi hari-harinya dengan kebutuhan untuk belajar. 

Anda memahami seberapa banyak Anda tidak mengetahui sesuatu

Orang cerdas tidak memiliki kesulitan untuk mengakui ketika mereka tidak mengetahui sesuatu atau tidak mengenal suatu konsep tertentu. Ini dikarenakan selalu ada hal baru yang dipelajari setiap hari. Orang cerdas selalu ingin belajar dari orang lain untuk memperluas pengetahuannya. Mereka terbuka dari mulai berbicara sampai bertemu dengan orang lain dan mempelajari sesuatu dari mereka. Orang cerdas bersifat akumulatif, artinya banyak hal dapat memperluas kekuatan otak yang dilakukan dengan cara menerima saran dan kritik orang lain, menemukan kesempatan dan mencari jawaban dari setiap pertanyaan. 

Anda memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan

Orang yang memiliki pikiran yang lapar dan rasa penasaran tentang dunia di sekitar mereka biasanya memiliki pemerolehan pengetahuan dan investasi intelektual dengan level lebih tinggi. Rasa penasaran menuntun pada pertanyaan dan keinginan untuk menyelesaikannya. Bukan hanya membuat pikiran Anda aktif dan penuh pengamatan pada ide baru, namun juga membuka pintu baru pada kemungkinan-kemungkinan. Sebagian besar orang akan mengatakan istilah curiosity kills the cat atau rasa penasaran dapat membuat Anda celaka, namun untuk sebagian orang rasa penasaran malah memupuk mereka. Kenyataannya, penemuan-penemuan besar berasal dari ketertarikan manusia terhadap apa yang membuat mereka penasaran. 

Anda memiliki pikiran terbuka

Orang cerdas tidak dengan mudah mendekatkan diri mereka pada suatu pandangan atau saran baru. Mereka biasanya terbuka dan ingin mempertimbangkan dan melihat ide lain dengan nilai. Mereka terbuka dengan solusi alternatif dan menyukai kehidupan yang out of the box. Mereka menerima perbedaan pandangan dan melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Mereka menerima bahwa terdapat lebih dari satu jawaban benar untuk segala sesuatu. Orang cerdas suka melihat segala kemungkinan skenario dan ingin mengetahui lebih jauh lagi. 

Anda skeptis

Orang dengan kecerdasan tinggi akan selalu merasa ragu, dan bukan karena mereka memiliki pandangan negatif tentang sesuatu, namun karena mereka ingin menguji teori dan jawaban berbeda untuk menghasilkan ide atau konsep baru yang didukung oleh fakta dan bukti. Keraguan berhubungan dengan pikiran terbuka karena kebutuhan dari kognisi dan pengetahuan. Menjadi skeptis bukan menantang orang untuk belajar menerima kritik, namun juga memungkinkan orang untuk menghasilkan ide dan mengkomunikasikan konsep berbeda. 

Anda menanyakan pertanyaan yang bagus

Memang benar apa yang dikatakan orang, tidak ada pertanyaan yang salah atau bodoh selama bertanya memberi kesempatan untuk belajar. Namun orang cerdas mengetahui ada perbedaan besar antara bertanya dan menanyakan pertanyaan yang tepat. Orang dengan kecerdasan tinggi menanyakan pertanyaan yang memancing pikiran yang menantang dan menyangsikan namun juga menyediakan jawabannya. Menanyakan pertanyaan yang menguji cara berpikir dan kepercayaan dapat membantu menggambarkan solusi terbaru untuk permasalahan sulit. 

Kesimpulan

Memiliki kecerdasan di atas rata-rata memang merupakan suatu kebanggaan bagi seseorang. 6 tanda kecerdasan yang dipaparkan di atas hanyalah sebagian tanda-tanda umum yang sering ditemukan. Masih banyak kecerdasan lainnya yang lebih kompleks, seperti kecerdasan linguistik, naturalis, logika matematika dan lain-lain. Jangan berkecil hati jika nilai Anda semasa bersekolah di bawah rata-rata, karena semua manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan. Anda hanya perlu menemukan kelebihan Anda dan mengembangkannya. 

0 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + six =

Back To Top