skip to Main Content
Web Design Palangkaraya

7 Alasan Mengapa Usaha Kecil di Indonesia Memerlukan Website

2 Shares

Daftar isi

Banyak usaha kecil, terutama usaha kecil yang baru buka, menjalankan operasional bisnis secara ramping. Mereka berfokus pada kebutuhan dan hal-hal yang mendesak saja, hanya mengeluarkan uang ketika mereka perlu. Jadi, mudah untuk melihat mengapa beberapa pengusaha mungkin berpikir situs web untuk usaha kecil adalah barang mewah dan mereka mampu untuk hidup tanpanya.

Mereka bahkan mungkin percaya bahwa halaman Facebook sudah cukup untuk kehadiran online, atau dengan nomor telepon mereka akan menghasilkan panggilan, atau bahwa cara tradisional akan membantu mereka menjual produk.

Tetapi kenyataannya, situs web bisnis adalah cara masa kini untuk promosi usaha anda.

Situs web profesional bukanlah kemewahan yang mahal — ini adalah alat mendasar yang terjangkau yang dibutuhkan setiap perusahaan.

Catatan editor: Jika Anda siap membuat situs web, hubungi Adi Pramono di info@adipramono.com. Whatsapp: 0898-7193-952

Alasan bisnis anda memerlukan website

Jika anda masih tidak yakin bahwa situs web tepat untuk bisnis anda, pertimbangkan tujuh alasan berikut mengapa anda memerlukan situs web:

  • Website bertindak sebagai sales yang bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu
  • Mempromosikan dan menjual produk/jasa anda.
  • Terhubung dengan pelanggan baru (dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada).
  • Membantu bisnis lokal bersaing dengan merek besar.
  • Membangun kredibilitas.
  • Memungkinkan anda untuk mengontrol online presence.
  • Biaya pembuatan website relatif terjangkau

Mari kita lihat mengapa masing-masing alasan ini penting untuk membantu kesuksesan anda dan bagaimana anda dapat membangun situs web bisnis kecil dan mulai mendapatkan manfaat ini.

Kemudian, kita akan membahas beberapa hal yang harus dilakukan sebelum anda mendapatkan situs web, dan membahas cara mulai membangun situs web bisnis kecil.

Ayo mulai!

1. Website bertindak sebagai sales yang bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu

Tenaga karyawan sebagai manusia tentunya terbatas, website dapat membantu menjelaskan kepada khalayak ramai dengan efektif serta dengan biaya efisien. Dengan menggunakan website sebagai tenanga untuk promosi anda, hal – hal seperti informasi dasar dapat anda otomatisasi. Misal untuk yang sederhana: menjelaskan kapan jam buka usaha anda, berapa nomor telepon anda dsb.

2. Mempromosikan dan menjual produk/jasa

Jika website anda telah siap dengan seluruh informasi yang dirancang untuk promosi usaha, bahkan situs website yang dimotori oleh iklan online berbayar dapat dengan aktif mempromosikan usaha anda melalui iklan. Lalu kemudian, jika calon pelanggan mengunjungi situs anda – jika anda menjual barang/jasa dapat langsung membeli atau booking dengan metode ecommerce.

3. Terhubung dengan pelanggan baru (dan mempertahankan pelanggan yang ada)

Lebih sering pada masa sekarang ini, orang menggunakan mesin pencari seperti google ketika ada pertanyaan. Misal: mencari tempat makan, mencari lokasi wisata, mencari suatu penyedia jasa, tinggal google saja.

Ketika anda memiliki situs web, anda berada di sana ketika pelanggan mencari untuk menemukan solusi untuk masalah mereka.

4. Membantu bisnis lokal bersaing dengan merek besar.

Salah satu kesalahpahaman tentang situs web adalah bahwa mereka hanya untuk perusahaan nasional atau perusahaan di seluruh dunia dengan audiens di seluruh dunia. Sebenarnya, situs web sama, situs web juga bermanfaat bagi usaha kecil.

Website memberikan peluang besar bagi bisnis lokal untuk terhubung dengan pelanggan lokal.

Mesin pencari memprioritaskan pencarian lokal dan sering memberi peringkat hasil berdasarkan lokasi, yang merupakan keuntungan bagi bisnis lokal.

5. Membangun Kredibilitas

Dengan sebuah website untuk usaha anda, anda dapat memajang logo, foto-foto, testimoni, serta tautan ke sosial media anda. Dengan website yang anda miliki sendiri, anda dengan mudah mengupdate website sehingga selalu memberikan informasi terbaru atas usaha anda.

6. Memungkinkan anda untuk mengontrol online presence

Saat Anda menjalankan situs web anda sendiri, anda mengendalikan konten yang anda hasilkan dan platform yang anda kelola.

Dengan kepemilikan situs, anda dapat mengontrol cerita branding dan informasi bisnis anda. Jika bisnis anda bergantung pada platform pihak ketiga untuk kehadiran web anda, misal Facebook, anda berada di tangan mereka, dicampur dengan iklan dan kompetitor!

Saat Anda membangun situs Anda sendiri, Anda mengontrol apa yang dilihat audiens tentang bisnis anda.

7. Biaya pembuatan website terjangkau

Dengan manfaat yang diberikan, sebenarnya biaya website adalah relatif terjangkau untuk usaha kecil .

Banyak pemilik usaha kecil mengandalkan penggunaan platform pihak ketiga atau menghindari membuat situs web mereka sendiri karena mereka menganggapnya rumit atau mahal.

Tetapi membangun dan memelihara situs web lebih mudah dan lebih murah daripada sebelumnya. Bahkan jika Anda tidak paham teknologi atau kreatif, anda sekarang dapat menggunakan alat penerbitan web sederhana untuk membangun situs web dengan cepat.

Ikuti saran saya, sesama pengusaha — tidak ada lagi alasan.

Jika anda menunda membangun situs web, anda merugikan bisnis anda. Saatnya untuk memulai! Untuk membantu anda mengambil langkah maju, gunakan tips ini untuk bersiap membangun situs anda.

Tentang Adi Pramono

Saya adalah seorang web developer dengan +6 tahun pengalaman lokal dan internasional, membantu pemilik usaha dalam merancang, membangun, serta merawat website. Hubungi saya hari ini jika ada memiliki pertanyaan seputar website.
Email: info@adipramono.com
Whatsapp: 0898-7193-952

2 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − fourteen =

Back To Top