skip to Main Content
Cara Menjadi Kaya

Belajar Cara Bagaimana Menjadi Kaya

0 Shares

Membangun kekayaan bisa menjadi salah satu usaha yang menarik dan bermanfaat dalam hidup seseorang. Selain memberikan pengalaman sehari-hari yang lebih nyaman, kekayaan dan kemakmuran dapat mengurangi kecemasan dan stress tentang hal-hal lever dasar seperti biaya makan atau keperluan bulanan.

Bagi sebagian orang, cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah merupakan motivasi yang kuat untuk memulai perjalanan perombakan finansial. Bagi sebagian lain, menjadi kaya dapat dipandang seperti sebuah permainan.

Meskipun di internet telah banyak artikel didedikasikan pada teknik dan strategi untuk membangun kekayaan dan menjadi kaya, dalam artikel ini difokuskan pada konsep belajar filosofi dasar di balik cara menjadi kaya. Pertimbangkan poin-poin yang dapat membantu anda lebih memahami sifat dasar dengan tantangan pribadi yang anda hadapi, saat berkeinginan untuk menjadi seseorang yang lebih makmur.

Perbarui cara anda berpikir tentang uang

Salah satu alasan mengapa banyak orang tidak pernah mengumpulkan banyak uang adalah karena tidak memahami uang atau cara kerjanya.

Tidak peduli berasal darimana anda dibesarkan, salah satu kuncinya adalah untuk bergerak melewati step demi step – langkah pribadi, atas kondisi masing – masing.

Mungkin anda perlu memulai dari level menjadi karyawan, menjual tenaga dan pekerjaan untuk dapat menghasilkan uang.

Mungkin anda sedang berada dalam situasi menjual barang untuk mendapatkan uang.

Mungkin anda memiliki usaha sendiri.

Atau mungkin ada berada dalam kondisi dimana anda mempekerjakan karyawan mengerjakan pekerjaan anda sehingga anda tidak perlu menukarkan waktu anda dengan uang.

Teruslah menuju pada level dimana anda dapat mengumpulkan harta dan mengembangkan diri anda serta memiliki penghasilan pasif yang terus tumbuh.

Pahami kekuatan dari uang receh

Salah satu kesalahan yang dilakukan kebanyakan orang ketika mencoba mencari cara untuk menjadi kaya adalah mereka berpikir bahwa mereka harus memulai dengan dana besar. Mereka menderita mentalitas “tidak pernah cukup”. Misal:

  • Saya tidak punya cukup uang untuk investasi
  • Saya tidak punya cukup uang untuk memulai usaha
  • Saya tidak punya cukup uang untuk membuka toko

Mereka percaya jika tidak memulai dengan investasi 100 atau 500 juta sekaligus mereka tidak akan pernah kaya. Namun, segepok uang 100 juta pada dasarnya adalah hanya berupa lembar – lembar uang, yang terkumpul.

Bekerja, menabung, investasi, membeli kebebasan

Dengan setiap rupiah yang anda kumpulkan, anda membelikan diri anda sebuah kebebasan.

Uang dapat bekerja untuk anda, dan semakin banyak uang yang anda gunakan, semakin cepat dan besar uang itu dapat tumbuh. Seiring dengan lebih banyak uang, datang lebih banyak kebebasan – kebebasan untuk tinggal di rumah bersama anak – anak anda, untuk pensiun dan bepergian kemana anda mau, atau untuk behenti dari pekerjaan anda.

Jika anda memiliki sumber penghasilan, anda dapat mulai membangun kekayaan hari ini. Mungkin dengan hanya 50 ribu atau 100 ribu pada satu waktu, tetapi masing – masing dari tabungan anda adalah batu dasar kebebasan finansial anda.

Pada saatnya setelah anda mandiri secara finansial, anda tidak lagi terikat pekerjaan atau majikan, anda bebas melakukan apa yang anda inginkan karena anda telah dapat mencipkan income anda sendiri.

Membangun kekayaan membutuhkan waktu

Sebagian orang enggan membuat rencana menjadi kaya karena tidak ingin menunggu 10 tahun untuk menjadi kaya. Mereka lebih suka menikmati uang mereka sekarang. Ada pula mereka dengan pemikiran bahwa kita hidup untuk hari ini, bukan untuk 10 tahun ke depan.

Pertanyaannya adalah apakah keadaan kita akan lebih 10 tahun dari sekarang? Di mana anda sekarang adalah jumlah total dari keputusan yang anda telah buat di masa lalu. Mengapa tidak menerapkan pola pikir itu pada keputusan yang dapat anda ambil untuk diri anda sendiri untuk sukses di masa depan? Hidup anda mencerminkan bagaimana anda menghabiskan waktu dan uang anda.

Pelajari cara orang lain yang telah sukses

Carilah pelajaran keuangan tidak hanya dari kehidupan sekitar anda, tetapi juga dapat dari literatur seperti buku, film, atau cerita lainnya. Informasi keuangan ini akan membantu anda memahami sifat investasi sekilas terkadang rumit namun telah orang lain buktikan memberi keuntungan dalam jangka panjang.

Investasi pada diri sendiri

Anda akan menemukan bahwa dengan berinvestasi pada diri sendiri terlebih dahulu, uang akan mulai mengalir ke dalam hidup anda. Sebelum anda membeli saham perusahaan lain, terlebih dahulu modali sendiri usaha anda sendiri yang mana anda adalah nahkoda pemegang kendali.

Uang bukan jawaban atas segala hal

Sadari bahwa lebih banyak uang tidak akan menyelesaikan semua masalah anda. Uang hanyalah alat, ada istilah uang adalah kaca pembesar. Misal anda tidak mampu mengelola gaji Rp 3juta dengan benar, maka menaikan gaji anda ke Rp 300 juta tidak akan menyelesaikan masalah.

Kecuali orang tuamu kaya, jangan lakukan apa yang mereka lakukan

Jika orang tua anda adalah milyarder, jelaslah lebih baik meniru kebiasaan mereka. Jika tidak, mulailah membangun pola pengeluaran dan tabungan serta usaha yang akan mendukung kehidupan yang anda harapkan.

Lunasi hutang, simpan uang, dan investasikan

Untuk mencapai kebebasan finansial, ada hal yang perlu diperhatikan terkait dengan hutang. Pertama, buat komitmen untuk menyelesaikan hutang. Kedua jadikan tabungan dan investasi sebagai prioritas finansial anda. Diinvestasikan dengan benar dalam rekening tabungan dan saham bertumbuh, dana ini dapat menghasilkan pendapatan pasif, yang merupakan salah satu komponen kekayaan.

Dengan pendapatan pasif, anda dapat mencipkatan arus kas bahkan tanpa harus bagun dari tempat tidur di pagi hari. Pelajari tentang berbagai jenis pendapatan pasif serta risiko yang relatif aman, sehingga anda dapat mulai membangun kekayaan tanpa bekerja melebihi apa yang mungkin anda dapat lakukan dengan aktif bekerja. Atau dapat pula investasi lain, yang pada dasarnya tidak memerlukan faktor perkalian waktu = uang.

Selamat bekerja dan berpikir, menikmati proses menuju kekayaan.

0 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 10 =

Back To Top