skip to Main Content

Belajar Cara Menjadi Penulis – Tips Untuk Penulis Pemula

2 Shares

Apakah anda ingin menjadi seorang penulis? Sebenarnya mungkin anda telah memiliki bakat ketrampilan untuk ini. Sejauh yang saya ketahui, menulis adalah keterampilan yang pada dasarnya telah dimiliki oleh seseorang yang mampu baca tulis. Namun, menjadi pertanyaan kemudian adalah tulisan seperti apa yang ingin dihasilkan.

Dalam keseharian kita secara tidak sadar mungkin telah menjadi penulis: mengirim email, memperbarui status Facebook, menulis tweet, berkomentar di sosial media, menulis chat, anda hampir setiap hari menulis. Mampu mengartikulasikan pemikiran anda dengan jelas adalah ketrampilan yang berharga.

Terlepas dari apakah itu dalam kehidupan pribadi atau profesional, tidak mungkin untuk menyangkal betapa berharganya keterampilan itu.

Tetapi hanya karena kita semua dapat menulis, tidak berarti kita semua adalah “penulis”.

Dalam artikel berikut ini, kita akan bersama belajar cara menjadi penulis yang baik, agar kita dapat memahami pentingnnya untuk terus mengembangkan ketrampilan menulis ini.

Menjadi Pembaca yang Lebih Baik

Semua penulis terbaik yang saya kenal adalah orang – orang yang banyak membaca. Semakin banyak anda membaca, dan khususnya semakin banyak buku dan artikel bagus yang anda baca, semakin anda terpapar pada tulisan berkualitas.

Tanpa sadar, anda menginternalisasi elemen-elemen teks, dan perlahan-lahan anda akan menemukan diri anda mulai menerapkannya dalam tulisan anda sendiri.

Tidak hanya itu, kegiatan membaca dapat memberi anda ide. Semakin banyak ide yang anda miliki, semakin mudah untuk menuliskannya.

Menulis Setiap Hari

Seperti apapun dalam hidup, semua perlu latihan. Jika anda tidak melatih ketramplian ini tentunya akan sulit sekali untuk skill ini dapat berkembang.

Tetapi jika anda menulis setiap hari, Anda akan mulai melihat prosesnya menjadi lebih mudah, menjadi lebih mudah memroses ide menjadi tulisan. Dan yang terpenting, anda akan mulai lebih menikmatinya.

Menulis Blog

Berbicara tentang blog, salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjadi seorang penulis, cukup sederhana dengan menjadi seorang penulis blog!

Dengan menulis blog, tidak hanya melatih kemampuan untuk menulis, tapi juga merupakan cara yang elegan untuk mempromosikan usaha anda, atau mungkin anda dapat memasang iklan dan mendapatkan penghasilan setiap bulannya dari tulisan anda.

Menulis, mengedit, mulai!

Tak perlu takut untuk memulai menulis, tuliskan saja ide anda dalam sebuah tulisan, edit, baca berulang, lalu dapat anda posting. Anda tetap dapat kembali kapan pun untuk mengedit tulisan anda jika ada hal yang perlu untuk diperbaiki, ditambahkan, dikurangi, disempurnakan.

2 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 4 =

Back To Top