skip to Main Content
Biaya Pembuatan Website

Berapa biaya pembuatan website untuk usaha kecil menengah?

4 Shares

Daftar isi

Biaya dasar: Domain dan Hosting

Berikut ini rician biaya dasar pembuatan mulai dari dari awal, dengan biaya perkiraan yang mendekati:

Sewa domain per tahun
misal adipramono.com, namausaha.com, organisasi.org
Rp150.000
Sewa hosting per tahun
hosting adalah layanan server, komputer yang hidup terus menerus 24 jam sehari 7 hari seminggu, tempat menuruh file, gambar, script, database agar sebuah website dapat berjalan
Rp1.500.000
TotalRp1.650.000

Jadi dengan domain dan hosting ini, sebenarnya anda telah memiliki komponen utama dalam sebuah website. Selanjutnya jika anda memiliki waktu, pengalaman, dan skill pembuatan website dapat dikerjakan sendiri. Dapat pula anda menyewa web designer/ developer untuk membantu pengerjaannya.

Biaya pembuatan: Desain dan Development

Untuk contoh ini saya akan gunakan pengalaman saya sendiri dalam 6 tahun ini membantu pengerjaan website sebagai web developer di Bali dan Palangka Raya. Untuk tarif mahal atau murah menurut saya relatif saja, fair karena saya bekerja secara cepat dan effisien, orang per orang memiliki kecepatan berbeda.

ItemWaktuPer Jamsub total
Desain website
Rancang bangun sketsa website, sebelum website dibangun dan menghabiskan banyak waktu, diperlukan perencanaan tata letak, serta strategi dasar untuk kemudian dibangun.
10 jam Rp150.000/jamRp1.500.000
Development website
Ini adalah proses pembangunan, berupa penerjemahan desain website kedalam koding dalam bentuk website.
30 jam x Rp150.000Rp150.000/jamRp3.500.000
TotalRp5.000.000

Skenario kasus

Biaya desain dan pembangunan website ini sangat bervariasi tergantung dari beberapa faktor, misal berapa banyak halaman yang anda ingin buat untuk mempresentasikan usaha anda, serta fitur-fitur yang berbeda dari satu website dengan web lain.

Semisal anda memiliki sebuah usaha jasa jahit pakaian, maka yang anda perlukan mungkin beberapa halaman untuk menampilkan deskripsi layanan yang ditawarkan, namun jika usaha anda adalah semacam ecommerce anda mungkin memerlukan halaman produk yang memiliki fitur keranjang belanja dan checkout. Jika website yang anda bangun adalah misalnya website yang memiliki 1000 lebih halaman tentu akan memerlukan waktu pengerjaan dan anggaran berbeda.

Dalam contoh harga di atas, dengan total Rp 6.650.000, kita mendapat anggaran waktu 40 jam total pengerjaan dengan satu tahun sewa domain dan hosting. Pada beberapa kasus waktu 40 jam ini cukup atau mungkin lebih, namun untuk website yang memiliki laman lebih banyak, atau memerlukan integrasi tambahan mungkin memerlukan waktu yang berbeda.

Pemasaran: segera menjual

Tergantung dari starategi bisnis dan kebutuhan anda, mungkin usaha anda adalah usaha yang ingin segara dapat menjual barang/jasa. Iklan Google dan Facebook biasanya dapat membantu dengan biaya terjangkau dan biaya effisien jika dijalankan dengan benar. Pagi dipasang sore sudah ramai.

Pemasaran: perkembangan organik

Mungkin tipe bisnis anda memiliki kapasitas terbatas sehingga tidak dapat menerima banyak order sekaligus, pemasaran organik lebih cocok untuk tipe ini. Tetap anda dapat menggunakan iklan berbayar seperti menggunakan Google Ads dan Facebook Ads untuk remarketing dan impresi brand, namun anda mungkin lebih perlu untuk menginvestasikan waktu pada optimisasi SEO, misal dengan memproduksi konten blog secara berkala, mempekerjakan karywan untuk mengelola sosial media, dsb.

Kesimpulan & Potensi

Biaya pembuatan website bervariasi dari kasus per kasus. Dengan memiliki website anda dapat melakuan proses pengiklanan atau organic reach. Konsultasikan dengan seorang pemasar online tentang berapa jumlah budget anda dan target penjualan anda sehingga biaya pemasaran anda memberikan hasil yang optimal.

Jika usaha kecil anda memiliki total target penjualan Rp 120.000.000 dalam satu tahun, menganggarkan 2 hingga 5% untuk biaya marketing/website/iklan mungkin masih merupakan hal yang masuk hitungan.

Tentang Adi Pramono

Saya adalah seorang web developer dengan +6 tahun pengalaman lokal dan internasional, membantu pemilik usaha dalam merancang, membangun, serta merawat website. Hubungi saya hari ini jika ada memiliki pertanyaan seputar website.
Email: info@adipramono.com
Whatsapp: 0898-7193-952

4 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 10 =

Back To Top