skip to Main Content

Darimana asal simbol $ untuk tanda mata uang dollar berasal?

7 Shares

Dokumen bisnis Amerika dengan Spanyol

Simbol $ pertama kali muncul di sekitar tahun 1770s pada dokumen – dokumen Inggris Amerika yang melakukan urusan bisnis antara Amerika dengan Spanyol. Pada awal tahun 1800an mulai menjadi populer, pada saat yang sama Dollar Amerika Serikat mulai dicetak.

P pada mulanya berasal untuk singkatan Peso

Pada mulanya, simbol $ telah banyak digunakan sebagai singkatan untuk nama mata uang Spanyol, “P” untuk Peso.

Jadi, bagaimana bisa kita mendapatkan simbol “$” berasal dari “P”?

Ps untuk bentuk jamak

Ketika menulis dokumen finansial yang mengacu pada mata uang peso, misalnya ” 1 Peso”, menjadi “1 P”. Namun dalam penulisan bahasa Inggris ada bentuk plural dengan menambahkankan “s” jika lebih dari satu, maka dalam bentuk plural “1000 Pesos” disingkat menjadi “1000 Ps”.

$ menjadi penulisan yang lazim digunakan

Pada jaman dahulu tulis tangan masih lazim digunakan, dan ketika menulis banyak dokumen berkali – kali, mulailah untuk menjadi umum diantara koloni English-American untuk menggabung P dan S, menjadi satu, dengan hanya satu garis, pada beberapa dokumen awal ada juga variasi yang menggunakan dua garis, kedua variasi simbol ini mengacu pada satu hal, yaitu Peso Spanyol.

Bagaimana pada akhirnya simbol $ peso ini menjadi dollar Amerika Serikat?

Pada waktu yang hampir sama ketika koin Dollar Amerika pertama kali dicetak, mata uang Peso telah secara ekstensif digunakan di Amerika Serikat dan dunia. Dan Amerika Serika memilih untuk mendesain koin mereka menduplikasi koin Spanyol, dalam hal menyamai material bahan koin perak sama berat, dan nilai tukar yang pada waktu itu sama, 1 Peso = 1 Dollar. Sehingga menjadi natural untuk menggunakan simbol yang sama untuk menandai dollar Amerika Serikat dengan Peso Spanyol.

Tambahan: Mengapa disebut Dollar?

Kata dolar pada awalnya berasal dari bahasa Flemish, yaitu bagian utara Belgia joachimsthal, merujuk lokasi bukit Joachim yang merupakan tempat penambangan perak. Uang koin yang dibuat dari hasil tambang dari tempat tersebut disebut dengan nama “joachimsthaler” yang kemudian disingkat menjadi “thaler” dan dengan pergeseran bahasa akhirnya disebut dollar.

7 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =

Back To Top