skip to Main Content

Perlukah Usaha Offline Memiliki Website/Situs Internet?

0 Shares

Beberapa tahun silam, pengusaha berusaha memasarkan produknya dengan cara manual seperti memuat iklan di koran, membagikan flyer, atau memasang spanduk di jalan. Seiring dengan perkembangan zaman, cara-cara demikian menjadi tidak begitu populer. Selain memakan biaya dan tenaga yang besar, pengiklanan melalui media cetak juga tidak ramah lingkungan karena menggunakan kertas dalam kuantitas yang cukup banyak. 

Mengikuti era teknologi yang semakin canggih ini, pengiklanan dengan menggunakan internet mulai marak digunakan. Para pengusaha beralih memasarkan produknya melalui internet. Salah satu cara adalah dengan membuat website/situs produk yang ditawarkan. Dengan demikian, usaha offline tidak hanya berjalan di tempat karena internet menjamin target pasar yang lebih luas.

Nyatanya dengan menggunakan situs web, Anda tidak harus 24 jam mengawasi penjualan dan bahkan tidak perlu menjual apa pun! Banyak pengacara atau dokter menggunakan situs web hanya untuk menggiring pelanggan jasa untuk datang secara langsung untuk membeli jasa maupun produk yang ditawarkan. Dilansir dari laman Seoclerk, berikut ini adalah alasan-alasan mengapa sebuah bisnis offline memerlukan sebuah situs web.

Situs Web adalah Jalur Pertama Serangan, Bukan Pertahanan

Ketika Anda membuat situs web dan menjalankannya untuk usaha offline, Anda harus melihat langkah ini sebagai jalur pertama serangan Anda. Beberapa orang akan mengatakan langkah ini sebagai “pertahanan” namun sebenarnya itu tidak benar karena Anda tidak sedang mundur dan membiarkan orang lain menyusul. Ini merupakan serangan pertama karena Anda bisa mengumpulkan semua informasi di luar sana guna mendapatkan arus perdagangan dari berbagai sumber. Dengan melakukan ini, Anda akan memperoleh gelombang peluang dan itu juga berarti dompet Anda bertambah tebal.

Situs Web Bertindak Sebagai Kartu Nama

Situs web bekerja seperti kartu bisnis. Kesan pertama konsumenlah yang akan membawa mereka kepada Anda, bahkan walau tanpa bertukar kata. Jika kualitas desain Anda rendah seperti 20 tahun silam, orang akan berpikir jasa dan produk Anda sama saja. Memiliki situs web yang didesain dengan baik tidak hanya akan meningkatkan penjualan, namun juga membuat pengunjung berpikir bahwa Anda canggih dan melakukan pekerjaan Anda dengan sangat baik.

Orang akan dapat menemukan nomor telepon, e-mail, alamat surat dan memutuskan untuk menghubungi Anda jika mereka tertarik. Jika Anda tidak memiliki situs web untuk bisnis offline, Anda berarti melewatkan panggilan telepon dari konsumen yang seharusnya Anda dapatkan dan memberikannya kepada kompetitor.

Situs Web Membangun Kepercayaan

Ketika orang datang ke situs web Anda, mereka dapat membaca semua konten Anda untuk mengetahui apakah Anda orang yang tepat untuk dihubungi untuk membeli produk atau jasa. Mungkin ada orang yang memperhatikan toko Anda saat mereka melewatinya dan berpikir “Saya akan mengunjunginya nanti di situs web.” Ketika mereka melakukan itu dan ternyata Anda tidak memilikinya, mereka tidak akan tahu segalanya tentang Anda maupun produk atau jasa yang ditawarkan. Anda jelas menghilangkan kesempatan penjualan. Bayangkan berapa banyak penjualan offline yang kalah saat mereka tidak memiliki situs web?

Orang akan mulai mempercayai Anda karena mereka dapat melihat apa yang orang lain beritahukan tentang Anda di facebook, google+, twitter, dll. hanya dengan melakukan pencarian untuk nama bisnis Anda. Jika komentar dan posting yang dibuat orang tentang Anda positif, maka kemungkinan Anda akan mendapatkan panggilan telepon atau pembelian melalui situs web.

Website dapat membantu pelanggan membuat review

Ketika berkeinginan melihat ulasan tentang suatu produk atau jasa, Anda biasanya berpikir untuk membuka Yelp, SuperPages atau Tripadvisor untuk melihat apa yang dikatakan oleh orang lain tentang sebuah usaha. Namun bagaimana jika Anda sudah memiliki semua ulasan positif di situs web dan orang dapat langsung membacanya di sana? Nah, jika Anda tidak memiliki situs web sendiri maka mereka harus bergantung pada apa yang orang katakan di tempat lain. Satu hal hebat tentang ulasan di situs web Anda sendiri adalah orang akan melihatnya tanpa harus meninggalkan laman Anda dan itu selalu menghasilkan jumlah penjualan yang lebih besar.

Situs Web Menjual Produk dan Jasa Selama 24 Jam Siang dan Malam

Keuntungan lain memiliki situs web untuk bisnis offline adalah Anda dapat menjual produk Anda sepanjang siang dan malam. Anda tidak perlu khawatir mengunci pintu atau kehilangan penjualan setelah jam kerja karena situs web tidak tidur. Anda tinggal memasang paypal atau pengaturan pembayaran via online lainnya. Anda tetap dapat melakukan transaksi jual beli saat Anda sedang tidur. Produk dapat dikirimkan ke klien atau Anda dapat memberi mereka pilihan untuk mengambilnya sendiri di jam kerja. 

Situs Web Selalu Dapat Dihubungi

Jika Anda memiliki jam kerja yang sudah terjadwal dari pukul 9 pagi sampai 9 malam, maka orang akan tahu bahwa mereka tidak dapat menghubungi Anda sebelum atau sesudahnya. Ketika Anda memiliki situs web yang berjalan, akan ada kolom “Contact Us” untuk informasi atau “Chat Box” atau kotak obrolan untuk melayani berbagai pertanyaan. Tentu saja Anda tidak akan langsung dapat merespons jika Anda sedang tidur, tapi setidaknya Anda dapat menyimpan pertanyaan mereka dan merespons saat Anda bangun.

Kesimpulan

Hindarkan saja pemikiran “dahulu tidak begitu”. Cara berpikir yang demikian akan menghambat usaha untuk berkembang. Jika pengusaha tidak mengikuti tren di era digital ini, maka sebaik apapun produk atau jasa yang ditawarkan tidak akan bertahan dan secara perlahan ditinggalkan oleh konsumen. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Jika Anda terpikir untuk membuat situs web untuk usaha offline yang Anda jalankan, segeralah wujudkan. Biaya pembuatannya mahal? Percayalah Anda telah melakukan langkah yang tepat dan bijak dengan berinvestasi untuk sebuah situs web dan Anda akan terkejut dengan pencapaian di masa depan. Buatlah sebuah situs web dan Anda pasti akan merasakan keuntungannya!

0 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =

Back To Top