skip to Main Content

Potret Kemegahan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin – Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia

5 Shares
Foto: WIKA

Sejak hari Minggu tanggal 27 September 2021 pada pukul 13.30 Waktu Indonesia Tengah, Jembatan Sei Alalak telah resmi dibuka dan dapat dilintasi oleh kendaraan bermotor. Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai dibuka untuk dilintasi kendaraan. Pembukaan ini adalah respon Presiden Jokowi terkait dengan aspirasi masyarakat setempat.

Foto: Kementerian PUPR

Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia

Sei Alalak adalah jembatan berbentuk melengkung dengan tipe cable stayed pertama di Indonesia. Pada hari Jumat tanggal 24 September 2021 pengerjaan telah rampung. Jembatan baru dengan konstruksi longline matchcast system diklaim ini mampu mengoptimalkan biaya pembuatan jembatan dengan kualitas terbaik.

Foto: WIKA

Pengganti Jembatan Kayu Tangi 1

Jembatan Sei Alalak dibangun oleh Konsorsium BUMN dan Swasta, yaitu PT Wijaya Karya Tbk dan PT Panjdi. Jembatan baru ini menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berumur 30 tahun yang merupakan jalan penghubung utama akses kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah lain di Kalsel dan Kalteng.

Sumber Dana Pembangunan

Sumber dana pembangunan Proyek Jembatan Sei Alalak dibangun berasal dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan skema pekerjaan tahun jamak (multi years).

Kawasan Sei Alalak merupakan kawasan yang sebelumnya tekenal dengan kemacetannya, terutama pasca Jalan Lingkar Utara kondisinya rusak akibat banjir.

Foto: Kementerian PUPR

Pembukaan Jembatan Untuk Uji Coba Operasional

Pembukaan Jembatan Sei Alalak untuk kendaraan bermotor pada saat ini sifatnya adalah sebagai uji coba operasional terbatas. Ada beberapa ketentuan yang perlu ditaati, yaitu:

  • kendaraan yang diizinkan hanya untuk kendaraan roda dua dan mobil penumpang,
  • dilarang berhenti dan parkir di atas jembatan,
  • harus menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Untuk menjaga keamanan serta keselamatan berkendara masyarakat, selama masa uji coba operasional ini, Kementerian PUPR berkoordinasi dengan pihak Polda dan Dinas Perhubungan Pemerintah setempat untuk pengaturan lalu lintas.

5 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + twenty =

Back To Top