skip to Main Content

Tips Agar Nyaman Bekerja Dari Rumah (Sebagai Web Developer)

0 Shares

Semakin banyak orang bekerja dari rumah akhir – akhir ini terutama setelah pandemi Covid19. Apakah anda baru dalam menjalani kegiatan bekerja dari rumah, atau sekedar hanya ingin mengoptimalkan? Berikut ini adalah beberapa tips pribadi dari saya dengan harapan dapat membantu anda tetap produktif dan mempertahankan keseimbangan hidup.

Nama saya Adi, saya telah bekerja dari rumah lebih dari 6 tahun terakhir ini sebagai web developer. Jadi saya kira, saya memiliki sedikit pengalaman dan cerita untuk dapat saya bagikan.

1. Pertahankan Jam Kerja Reguler

Atur kesiplinan waktu yang sama setiap hari, layaknya anda bekerja di kantor, lalu patuhi secara pribadi waktu yang telah anda tentukan ini. Misalkan anda menentukan mulai bekerja pagi pukul 9 pagi, istirahat pukul 12. Mulai bekerja lagi pukul 2 hingga 5 sore. Dengan demikian anda memiliki keteraturan waktu.

2. Buat Space Kerja Terpisah

Jika memungkinkan, buat space khusus untuk bekerja, misal sebuah sudut rumah atau ruangan dengan peralatan pendukung. Saya pribadi bekerja dengan cara duduk di kursi, sehingga kursi adalah salah satu komponen paling penting terutama kursi yang memiliki penopang punggung. Ada pula orang yang memilih bekerja dengan standing desk. Namun, intinya adalah dengan memisahkan space kerja diharapkan dapat membantu kita bekerja fokus dan nyaman karena semua peralatan kerja tidak perlu dipindah-pindah.

3. Berlangganan Koneksi Internet yang stabil

Ini sudah merupakan keharusan, hanya ingin hal ini tidak dilupakan, jika anda bekerja online, berlangganan paket internet yang memadai dengan kebutuhan akan sangat membantu. Usahakan memilih paket internet rumahan yang jika digunakan bersamaan oleh beberapa orang masih lancar.

4. Miliki Waktu Istirahat

Dengan fleksibelnya waktu bekerja dari rumah, dapat pula membuat kita bekerja kapanpun yang pada akhirnya membuat waktu jeda istirahat yang tidak jelas. Memiliki jadwal istirahat akan membantu memberikan pola yang mudah untuk diikuti. Usahan selalu miliki satu atau dua hari libur secara rutin per pekan untuk menjaga work life balance.

0 Shares

Adi Pramono

Adi Pramono adalah seorang web developer, juga seorang penulis lepas yang gemar membagikan tulisan tentang isu sosial, investasi, dan teknologi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 1 =

Back To Top